Pages

Rabu, 22 Agustus 2012

Atasi Reading, Chelsea Pimpin Liga Primer Inggris


London - Setelah melalui pertempuran sengit, Chelsea akhirnya mampu meraih kemenangan atas Reading, dengan skor 4-2, dalam pertandingan Liga Primer Inggris yang berlangsung di Stadion Stamford Bridge, Kamis (23/8/12) dinihari WIB.
Sempat tertinggal di akhir babak pertama, Frank Lampard dkk mampu bangkit dan mengejar ketertinggalan, hingga memastikan kemenangan. Dua buah gol yang dicetak pemain Reading, Pogrebnyak dan Guthrie, tak cukup untuk menandingi empat gol yang dibukukan Lampard, Gary Cahill, Fernando Torres dan Branislav Ivanovic.

Tampil di hadapan pendukung setianya di Stamford Bridge, Chelsea yang mengandalkan Fernando Torres, Eden Hazard dan Ramires di lini depan, langsung menekan begitu laga dimulai.

Peluang pertama 'The Blues', diperoleh Eden Hazard, saat pertandingan baru memasuki menit kedua. Menerima umpan terobosan Juan Mata dari tengah lapangan, Hazard menggiring bola hingga ke area penalti Reading dan dilanjutkan dengan melepaskan tendangan. Sayangnya, upaya itu belum berbuah gol karena bola masih menyamping di sisi kiri gawang.

Kerjasama apik lini tengah Chelsea kembali menghasilkan peluang di menit ke-6. Ramires yang berada di lini depan mampu menembus hingga jantung pertahanan Reading. Namun, penyelesaian gelandang serang asal Brasil itu masih bisa dimentahkan oleh kiper lawan, Adam Federici.

Tim tamu sempat mengancam di menit ke-8. Tapi sepakan kaki kiri Pavel Pogrebnyak, masih melayang tipis di sisi kiri bidang sasaran.

Hingga menit ke-15, tim besutan Roberto Di Matteo terus mendominasi jalannya pertandingan dengan terus melancarkan serangan.

Gol yang dinanti kubu Chelsea akhirnya tercipta di menit ke-17. sebuah penetrasi Eden Hazard hingga ke dalam kotak penalti, terpaksa harus dihentikan dengan pelanggaran oleh pemain bertahan Reading, hingga wasit tak ragu menunjuk titik putih.

Dengan tenang, Frank Lampard maju sebagai algojo dan berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. 1-0 Chelsea unggul.

Serangan yang dilakukan tim tuan rumah makin deras, menyusul gol pembuka yang baru saja tercipta. Tapi, petaka hadir di menit ke-25 akibat terlalu fokus menyerang .

Melalui sebuah serangan balik dari sektor kanan, Garath McCleary mengirim sebuah umpan silang yang langsung disambut oleh Pogrebnyak dengan kepala. Bola seketika meluncur ke arah gawang dan membuat kedudukan menjadi imbang, 1-1.

Pertandingan kian seru dalam kedudukan imbang ini. Namun, justru Reading yang mampu mengambil momentum untuk kembali mencetak gol.

Sebuah kesalahan John Terry dalam menghentikan serangan, membuahkan tendangan bebas bagi Reading di menit ke-29. Danny Guthrie yang mengeksekusi dengan sekuat tenaga, sukses menjebol gawang yang dijaga Petr Cech dan membuat papan skor berubah menjadi 1-2.

Tak ingin mengecewakan pendukungnya, Frank Lampard cs berupaya memperbaiki penampilan dan lebih tenang dalam melakukan serangan. Tapi, ketatnya pertahanan lawan, membuat para pemain Chelsea kesulitan mencetak gol, hingga memasuki menit ke-35.

Eden Hazard mencoba peruntungannya dengan melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-38. Sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang.

Jelang bubar, Fernando Torres memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Umpan silang yang dilepaskan oleh Ramires, mampu diteruskan dengan sebuah tandukan. Sayangnya, si kulit bundar tak mengarah ke dalam gawang. Tak lama berselang, wasit menyudahi babak pertama, dengan skor 1-2 untuk keunggulan sementara tim tamu, Reading.

Usai turun minum, Chelsea coba mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan kesempatan langsung didapat di menit ke-46. Fernando Torres yang terkepung di daerah lawan, segera menyodorkan bola ke arah Ivanovic. Tapi penyelesaian itu masih belum merubah kedudukan.

Mendapat tekanan dari tuan rumah, Reading yang tampil tanpa beban segera meladeni permainan terbuka yang diperagakan lawan dengan mengandalkan serangan balik cepat hingga menit ke-55.

Guna menambah variasi serangan, pelatih Chelsea memasukkan Oscar untuk menggantikan Ramires di menit ke-57. Kesempatan mencetak gol pun diperoleh pemain anyar asal Brasil itu di menit ke-61. Sayang sepakan yang dilepaskan masih terlalu mudah untuk diamankan oleh kiper Reading.

Roberto Di Matteo segera menerapkan pola menyerang total, dengan menarik gelandang bertahan Jon Obi Mikel dan memasang Daniel Sturidge yang menempati posisi striker.

Serangan gencar yang dilakukan 'The Blues' sejak awal babak kedua, akhirnya menghasilkan gol di menit ke-69. Eden Hazard yang sejak awal berusaha menembus pertahanan 'The Royal', memberikan bola kepada Gary Cahill yang turut membantu serangan. Dengan sekuat tenaga, bola diarahkan ke gawang dan tak kuasa dihentikan oleh kiper lawan. Skor pun kembali seri, 2-2.

Tuan rumah terus mengurung pertahanan tamunya hingga laga menginjak menit ke-80. Melalui sebuah kerjasama apik antara Torres, Mata dan Ashley Cole, Chelsea berhasil unggul atas Reading di menit ke-82.

Umpan satu dua yang diawali Juan Mata dari sektor kanan, diteruskan oleh Torres kepada Ashley Cole yang sudah menunggu di sisi kiri. Meski mendapat ruang tembak yang cukup lapang, Cole malah menyodorkan bola ke arah Torres yang sudah berdiri bebas di mulut gawang dan dengan mudah membobol gawang Reading.

Meski berbau offside, wasit tetap mengesahkan gol tersebut dan membuat kedudukan menjadi 3-2.

Hingga waktu normal menyisakan sekitar lima menit, Chelsea tak mengendurkan tekanan dan terus berupaya menambah keunggulan. Gol pun akhirnya kembali tercipta saat pertandingan sudah memasuki injury time.

Sebuah aksi penjaga gawang Reading Adam Federici, yang maju hingga ke gawang Chelsea saat tendangan penjuru di menit akhir, berakibat fatal karena bola berhasil dikuasai oleh Torres dan mengirimkan ke Hazard yang berada di tengah lapangan.

Setelah menggiring bola hingga ke kotak penalti, gelandang serang asal Belgia itu menyodorkan bola ke Ivanovic yang tanpa pengawalan. Dengan sekali sentuhan bek sayap itu mengirim bola ke dalam gawang sekaligus membuat kedudukan menjadi 4-2.

Tak lama setelah kejadian itu, pertandingan seru yang menghasilkan enam buah gol, disudahi oleh wasit.

Dengan hasil ini, Chelsea untuk sementara berhak memimpin klasemen Liga Primer Inggris, berkat 6 poin yang dihasilkan dari dua laga. Sedangkan Reading harus puas di papan tengah dengan modal 1 angka dari dua laga.

Susunan pemain inti:

Chelsea: Petr Cech (PG), John Terry, Gary Cahill, Ashley Cole, Branislav Ivanovic, John Obi Mikel, Frank Lampard, Juan Mata, Ramires, Fernando Torres, Eden Hazard. Pelatih: Roberto Di Matteo.

Reading: Adam Federici (PG), Kaspars Gorkss, Alex Pearce, Ian Harte, Chris Gunter, Mikele Leigertwood, Danny Guthrie, Jem Karacan, Jobi McAnuff, Gareth McCleary, Pavel Pogrebnyak.Pelatih: Brian McDermott.

0 komentar:

Posting Komentar